Rabu, 11 September 2013

Sayangi Ginjalmu

Ginjal Anda adalah salah satu organ penting yang menjaga sistem metabolik pada tubuh. Yang lebih hebat lagi, fungsi ginjal yang paling utama adalah menyaring darah Anda dan mengeluarkan racun serta substansi lain yang tidak diperlukan oleh tubuh. Selain itu, ginjal mengontrol volume cairan dalam tubuh dan juga mempercepat produksi sel darah merah. Ginjal merupakan  organ tubuh yang termasuk dalam sistem ekskresi bersama-sama dengan hati, paru-paru dan kulit.
Secara umum, ada 2 macam gangguan kesehatan pada ginjal, yaitu batu ginjal dan penyakit ginjal.  Batu ginjal adalah keadaan dimana terjadinya  penumpukan kristal garam pada rongga ginjal, saluran ginjal, atau kandung kemih. Sedangkan penyakit ginjal adalah sebuah keadaan dimana ginjal sudah tidak lagi mampu melakukan fungsinya dalam menyaring racun-racun dalam darah. Pada tahap awal keadaan ini, pada umumnya gejalanya tidak terlalu nampak. Namun biasanya para penderita akan memeriksakan ke dokter saat keadaan sudah cukup parah.
Karena pentingnya menjaga organ tubuh ini, Anda perlu memerhatikan kesehatan sedini mungkin. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk ginjal yang lebih sehat:
  • Minum Air PutihJaga asupan air putih sepanjang hari. Para ahli menyarankan untuk minum 8 gelas air putih per hari untuk menjaga keseimbangan tubuh. Ini juga baik untuk ginjal, karena ini akan membantu melancarkan pembuangan urine dan meringankan kerja ginjal.
  • Awasi Menu MakananAnda perlu memantau makanan yang Anda konsumsi. Ginjal sebagai penyaring racun akan bekerja keras bila asupan makanan Anda adalah makanan yang kurang sehat. Awasi juga pemakaian obat dalam jangka waktu panjang karena dapat memengaruhi kerja ginjal.
  • Kurangi GaramGaram yang berlebih akan mengendap dan terakumulasi menjadi batu ginjal. Perhatikan juga kandungan garam tersembunyi pada makanan ringan dan makanan kaleng.
  • Hindari Alkohol dan RokokBila Anda adalah perokok dan peminum alkohol, berhenti sekarang juga. Rokok adalah pemicu kanker ginjal yang paling umum. Begitu juga alkohol, zat ini sangat tidak bersahabat untuk ginjal sehat Anda. 
  • Gaya Hidup SehatMulailah gaya hidup sehat dari sekarang. Lakukan olahraga rutin setiap hari dan hindari stres  yang berlebihan. Perhatikan juga tidur Anda, usahakan mendapatkan tidur berkualitas selama 8 jam setiap harinya.
 Sumber
- See more at: http://sehatuntuksemua.com/artikel/tips-kesehatan/sayangi-ginjal-anda-mulai-dari-sekarang#sthash.nsuW5pbN.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar