Sabtu, 20 April 2013

makalah perbansyar


       Puji syukur penulis sampaikan ke hadirat ALLAH SWT. karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis telah mampu menyelesaikan makalah yang berjudul “Nilai waktu uang dalam syariah”. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Perbankan Syariah. Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dr. Ika Putera Waspada, M.M,  selaku dosen pengampu mata kuliah Perbankan Syariah.
            Makalah ini bukanlah karya yang sempurna karena masih memiliki banyak kekurangan, baik dalam isi maupun sistematika  dan teknik penulisannya. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan makalah ini. Akhirnya semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi penulis dan pembaca. Amin.

                                                                                                Bandung,  April 2013
                                                                                                Penyusun





Nilai uang terhadap waktu merupakan konsep dimana bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu. Dalam memperhitungkan, baik nilai sekarang maupun nilai yang akan datang maka kita harus mengikutkan panjangnya waktu dan tingkat pengembalian maka konsep time value of money sangat penting dalam masalah keuangan baik untuk perusahaan, lembaga maupun individu.
Misalnya, uang dengan nominal Rp2000,- akan digunakan untuk membeli gorengan. Pada tahun sekarang kita akan mendapatkan 4 buah gorengan. Akan tetapi pada tahun yang akan datang pasti kita tidak akan mendapatkan 4 buah gorengan dengan harga yang sama. Maka sudah jelas time value of money sangat penting untuk dipahami oleh kita semua, sangat berguna dan dibutuhkan untuk kita menilai seberapa besar nilai uang masa kini dan akan datang. Maka dalam makalah ini akan dibahas mengenai konsep nilai uang terhadap waktu di dalam Islam.

1.      Apakah pengertian dari nilai waktu uang?
2.      Bagaimana Nilai uang terhadap waktu?

1.      Untuk mengetahui pengertian dari nilai waktu uang
2.      Untuk mengetahui bagaimana Nilai uang terhadap waktu


Dalam Islam apapun yang berfungsi sebagai uang, maka fungsinya hanyalah sebagai media pertukaran. Salah satu karekteristik terpenting adalah uang tidak diperlukan untuk dikonsumsi, melainkan diperlukan untuk membeli barang lain sehingga kebutuham manusia dapat terpenuhi. Nilai waktu uang adalah salah satu konsep pegembangan pemikiran dalam teori ekonomi moneter Islam yang cukup pelik karena masih belum bisa diterima oleh banyak pakar pengembangnya.
Konsep Nilai waktu uang tak dapat dielakkan apabila sistem moneter masih menggunakan sistem moneter dengan fiat money. Sistem fiat money ini dalam banyak motive telah dapat menstimulus sistem peredaran uang, mekanisme kredit, dan berbagai kontrol atas inflasi dengan menggunakan instrumen suku bunga. Nilai waktu uang (time value of money) merupakan konsep utama dalam manajemen keuangan. Pemahaman nilai waktu uang sangat penting dalam studi manajemen keuangan.
Nilai waktu uang merupakan konsep yang menunjukkan bahwa nilai uang yang ada sekarang lebih tinggi nilainya dibandingkan jumlah yang sama dimasa depan. Misalnya, uang dengan nominal Rp2000,- akan digunakan untuk membeli gorengan. Pada tahun sekarang kita akan mendapatkan 4 buah gorengan. Akan tetapi pada tahun yang akan datang pasti kita tidak akan mendapatkan 4 buah gorengan dengan harga yang sama.
Pada tataran ideal, konsep keuangan Islam tidak akan dapat berjalan dengan baik pada sistem moneter yang masih menggunakan sistem fiat money karena kontrol peredaran uang masih berada pada kekuasaan negara atau melalui Bank Sentral dimana uang hanya lebih mengutamakan nilai intrinsiknya dibanding dengan nilai nominalnya. Adapun pemikiran keuangan Islam yang tidak mengakui konsep nilai waktu uang adalah pemikiran yang mundur secara teori ekonomi karena harus mensyaratkan sistem moneter yang berbasis nilai ukur tetap. Misalnya peredaran uang bukan dengan sistem mengambang tetapi harus dikontrol berdasarkan nilai asset tertentu seperti dengan menggunakan standar emas atau lainnya.
Dalam ekonomi Islam, jika uang digunakan untuk membeli barang, maka barang itu yang memberikan kegunaan. Teori lain yang digunakan dalam konsep ekonomi konvensional adalah Time Value of Money. Dua hal yang menjadi alasan munculnya konsep ini adalah: presence of inflation dan preference present consumption to future consumption. Teori ini berangkat dari pemahaman bahwa uang sesuatu yang sangat berharga dan dapat berkembang dalam suatu waktu tertentu. Dengan memegang uang orang dihadapkan pada risiko berkurangnya nilai uang akibat inflasi. Sedangkan jika menyimpan uang dalam bentuk surat berharga, pemilik uang akan mendapatkan bunga yang diperkirakan diatas inflasi yang terjadi. Teori time value of money tampak tidak akurat, karena setiap investasi selalu mempunyai kemungkinan mendapat hasil positif, negatif bahkan tidak mendapat apa-apa. Dalam teori keuangan hal ini dikenal dengan istilah risk-return relation. Disamping itu kondisi ekonomi tidak selalu menghadapi masalah inflasi. Keberadaan deflasi yang seharusnya menjadi alasan munculnya negative time value of money diabaikan oleh teori konvensional.

Islam tidak mengenal konsep Time Value of Money, namun Islam mengenal konsep Economic Value of Time yang artinya bahwa yang bernilai adalah waktu itu sendiri. Islam memperbolehkan penetapan harga tangguh bayar lebih tinggi dari pada harga tunai.
Pengaruh waktu terhadap nilai uang (the time value of  money) di masa yang akan datang menyangkut penanaman dana ke dalam suatu investasi baik investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Berdasarkan pengaruh waktu nilai uang akan berubah di waktu yang akan datang kalau jumlahnya sama, hal ini disebabkan karena perkembangan perekonomian di mana masyarakat semakin tahu arti perkembangan perekonomian dan bagaimana dampaknya terhadap harga-harga secara umum. Oleh karena itu pengertian dari nilai uang terhadap waktu adalah suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu. Ada tiga alasan mengapa nilai barang di waktu yang mendatang akan berkurang, yaitu sebagai berikut:
1.      Keuntungan di masa yang akan datang diragukan. Hal tersebut disebabkan oleh ketidakpastian peristiwa serta kehidupan manusia yang akan datang, sedangkan keuntungan masa kini sangat jelas dan pasti.
2.      Kepuasan terhadap kehendak atau keinginan masa kini lebih bernilai bagi manusia daripada kepuasan mereka pada waktu yang akan datang. Pada masa yang akan datang, mungkin saja seseorang tidak mempunyai kehendak semacam sekarang.
3.      Kenyataannya, barang-barang pada waktu kini lebih penting dan berguna. Dengan demikian, barang-barang tersebut mempunyai nilai yang lebih tinggi dibanding dengan barang-barang pada waktu yang akan datang.

Dalam memperhitungkan, baik nilai sekarang maupun nilai yang akan datang maka kita harus mengikutkan panjangnya waktu dan tingkat pengembalian maka konsep nilai uang terhadap waktu sangat penting dalam masalah keuangan baik untuk perusahaan, lembaga maupun individu. Dalam perhitungan uang, nilai Rp5000,- yang diterima saat ini akan lebih  bernilai atau lebih tinggi dibandingkan dengan Rp3.000,- yang akan diterima dimasa akan datang.

Hal tersebut  sangat mendasar karena nilai uang akan berubah menurut waktu yang disebabkan banyak factor yang mempengaruhinya seperti. Adanya inflasi, perubahan suku bunga, kebijakan pemerintah dalam hal pajak, suasana politik, dan lain lain.

Manfaat dari kita mengetahui konsep dari nilai uang terhadap waktu adalah untuk mengetahui apakah investasi yang dilakukan dapat memberikan keuntungan atau tidak. Nilai uang terhadap waktu berguna untuk menghitung anggaran. Dengan demikian investor dapat menganalisa apakah proyek tersebut dapat memberikan keuntungan atau tidak. Dimana investor lebih menyukai suatu proyek yang memberikan keuntungan setiap tahun dimulai tahun pertama sampai tahun berikutnya.




Pengaruh waktu terhadap nilai uang (the time value of  money) di masa yang akan datang menyangkut penanaman dana ke dalam suatu investasi baik investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Berdasarkan pengaruh waktu nilai uang akan berubah di waktu yang akan datang kalau jumlahnya sama, hal ini disebabkan karena perkembangan perekonomian di mana masyarakat semakin tahu arti perkembangan perekonomian dan bagaimana dampaknya terhadap harga-harga secara umum. Nilai waktu uang merupakan konsep yang menunjukkan bahwa nilai uang yang ada sekarang lebih tinggi nilainya dibandingkan jumlah yang sama dimasa depan.




Antonio, Muhammad Syafii. 2001. Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Gema Insani. Jakarta.
Budiwati, Neti. 2009. Konsep Nilai Waktu dari Uang (Time Value of Money) Kasus dalam keuangan Koperasi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Qardhawi, Yusuf. 1997. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Gema Insani. Jakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar